Bitan : Pesona Alam di Xindian

Berada di ujung selatan kota Taipei, pemandangannya memukau banyak insan. Rekreasi murah ini mampu menyedot ribuan pengunjung di setiap akhir pekan. Bitan dalam satu literatur berarti Danau Hijau.

Lanskap dari ketinggian puncak bukit
Untuk mengunjungi tempat yang satu ini sangat mudah. Lokasi wisata alam di wilayah Taipei County memang indah. Untuk menjangkaunya hanya perlu waktu sekira 40 menit dari Taipei Main Station.  Ambillah jalur hijau ke arah Xindian, di stasiun MRT terakhir inilah kita berhenti. Setelah keluar dari stasiun MRT Xindian kita langsung berada di sebelahnya. Di tepian sungai Xindian inilah kita menemukan pemandangan “danau”.  Panorama kehidupan metropolis bertemu dengan alam inilah yang menjadi daya tarik Bitan untuk dikunjungi.

Suasana asyik naik becak air
Perasaan bergoyang mungkin belum sepenuhnya hilang ketika baru saja melewati jembatan tersebut. Sesaat berada di ujung jembatan bagi sebagian orang bakal masih terasa bergoyang. Dari atas jembatan ini pula pengunjung lebih ingin berlama-lama, dan mengambil foto. Memang agak kesulitan saat badan bergoyang karena pengaruh jembatan yang selalu bergerak. Namun justru sinilah letak keasyikannya.
Bagus untuk nighshoot
Tepat berada di ujung jembatan ada sebuah pintu kecil, letaknya di sebelah kiri, di belakang pedagang cumi-cumi bakar. Banyak di antara pengunjung yang tidak tahu tentang pintu ini. Justru dari sebuah pintu inilah kita akan memasuki hutan kota. Suasananya benar-benar alami, sangat kontras dengan hiruk-pikuk Xindian yang berada di sebrangnya.  
Pintu masuk di ujung jembatan 

 Menyusuri hutan ini diperlukan stamina tinggi dan jangan lupa untuk mengenakan sepatu olah raga. Jalan yang mengitari hutan ini sudah dilengkapi dengan walking track, terbuat dari beton dan beberapa bagian dari kayu. Suara serangga dan sejuknya udara pegunungan menemani perjalanan. Ada di beberapa titik, sudut kemiringannya mencapai 45 derajat. Istirahatlah sejenak sembari mengabadikan pemandangan tepian sungai jdi dalam hutan.

Sampai pada Plank Road, berarti kita telah menempuh perjalanan sepanjang 800 meter. Dari titik inilah kita bakal menyaksikan pemandangan yang memukau. Berada di atas bukit dan berhadapan langsung dengan gedung-gedung di Xindan. Becak kayuh dari atas bukit ini napak seperti titik yang bergerak kesana-kemari. Anda bisa berlama-lama di rest area kini. Jauh dari kebisingan dan rutinitas kerja, bakal membuat perasaan nyaman kembali.

Penjaga sungai dengan golden retriever yang pandai berenang
Setelah menikmati hutan kota ini, cobalah track yang lain. Kemudian ketika kembali pada  titik awal Anda bisa menikmati beberapa jajanan khas di sini. Jika memutuskan untuk mencoba becak air, sebaiknya ke Bitan tidak sendirian. Lebih bagusnya jika mengajak teman, atau juga pasangan Anda. Setiap penyewa becak air ini bakal dilengkapi dengan pelampung. Untuk berjaga-jaga jika terjadi keadaan darurat, ada penjaga sungai yang dengan sigap bakal membantu. Penjaga ini ditemani seekor anjing yang bisa berenang. Untuk menyewa becak air ini cukup murah, siapkan NT 300 untuk berdua.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jembatan Bacem

Mushola di Taipei Main Station

Keindahan Pagoda Tian Yuan di Tamshui