Shifen Waterfall : Keindahan Alam di Pingxi

Taipei memiliki beragam pilihan wisata alam. Selain wisata pantai juga wisata pegunungan. Anda pun bisa dengan sangat mudah menjangkau tempat wisata ini dengan angkutan umum.

Di Taipei ada salah satu wisata alam pegunungan di district Pingxi yaitu air terjun shifen (十分瀑布 ; baca Shifen pubu ). Tempatnya indah, asri, sejuk segar dengan udara alami pegunungan.

 
Pengunjung bisa berada di titik terdekat dengan aliran air terjun


Kabar baiknya, setiap orang bisa dengan mudah menuju lokasi ini meskipun berada di kawasan hutan. Shifen berada di 25°02'55.4"N 121°47'15.2"E ( kopas koordinat ini dan masukkan ke Google Maps ). Ya.. benar sekali. Shifen dikepung pegunungan dan berada di dalam hutan. Perlku diketahui juga bahwa aliran sungai yang mengalir di air terjun Shifen ini bermuara di pantai Keelung. Sungainya juga dinamai sungai Keelung.
Dijuluki sebagai Niagara mini Taiwan 
Jalan setapak menjadi tempat berfoto-foto

Selain menikmati panorama alam pegunungan, bisa juga melakukan pelepasan lentera. Dengan menebus lentera NT100-NT250 Anda sudah bisa melepasnya ke angkasa. Konon bagi sebagian orang Taiwan percaya, bahwa melepaskan lentera ini menjadi pengantar harapan dan doa. Sebelum dilepaskan terlebih dulu badan lentera yang dibuat dari kertas daur ulang ini ditulisi harapan,keinginan masing-masing orang. 
Melepaskan lentera harapan 
Dari MRT Muzha naik bis nomor 795 ke Pingxi

Naik bis dari depan Keelung station, lihat tanda panah tempat menunggu bis
Naik kereta lokal dari Ruifang ke Shifen
Keindahan Shifen menjadi magnet kuat bagi para pelancong dalam dan luar negeri. Konon Shifen juga dijulukisebagai Niagara mini di Taiwan. Pengunjung bisa berada di titik yang paling dekat di Shifen. Tepat di sebelah aliran air dari atas ke bawah. 

Sementara Anda lelah mengitari hutan di Shifen. Sesudahnya bisa juga menuju old street. Pada jaman penjajahan Jepang, daerah Pingxi merupakan sumber batu bara. Di tempat ini juga dulunya menjadi areal penambangan. Sampai sekarang juga masih ada sisa-sisa peninggalan bekas penambangan.  Bahkan untuk mengenang masa keemasan tambang batu bara di Pingxi juga ada museum tambang batu bara. 

TIPS RUTE :

Jika naik  MRT, dari arah mana saja Anda berangkat. Pastikan stop point di Muzha station. Dari sini kemudian ganti naik bis nomor 795. Halte bis tidak jauh dari stasiun ini. Jika ragu cobalah bertanya dengan orang sekitar, mereka pasti menjawabnya dengan  senang hati.

  Dari Keelung station sebelah kiri halaman cari bis yang ke arah Pingxi. Sekali lagi, jangan sungkan bertanya kepada orang Taiwan. Jika membutuhkan informasi detail Anda bisa menuju Information Center. Di tempat ini bisa diperoleh brosur lokasi wisata sesuai keinginan. Jika Anda kurang lancar Mandarin, tersedia juga dalam versi bahasa Inggris. 

  Jika naik kereta dari mana saja, stop point di Ruifang sta. Dari sini kemudian ganti kereta lokal yang ke Shifen


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jembatan Bacem

Mushola di Taipei Main Station

Keindahan Pagoda Tian Yuan di Tamshui